Kamis, 11 Oktober 2012


Karena Belajar Bahasa seperti Belajar Musik

Willy FIB UI.JPG
FBS-Karangmalang. Banyak isu yang berkembang terkait pendidikan sekarang ini. Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu “pabrik” calon pendidik bangsa juga turut awas mengenai wacana ini. Tak pelak jurusan Pendidikan Bahasa Inggris juga merapatkan barisan karena pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia merupakan bidang yang disoroti cukup tajam. Usahanya tidak tanggung-tanggung. Jurusan lantas mengundang Dr. Willy A. Renandya sebagai pembicara untuk membuka wawasan mahasiswanya.
Datang jauh-jauh dari National Institute of Education Nanyang Technological University, Singapura, Renandya mengangkat isu-isu terkini tentang pengajaran Bahasa Inggris dan bagaimana menyiasatinya. Dalam kesempatan yang diadakan di Ruang Seminar lantai 3 PLA FBS UNY baru-baru ini Renandya juga berbagi kisah inspiratif yang dikulik dari pengalaman pribadinya tentang bagaimana memaksimalkan potensi berbahasa dengan terus berlatih.
“Latihan itu penting. Kita harus terus berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena belajar bahasa itu intinya adalah seberapa banyak dan sering kita bersentuhan dengan bahasa target,” ujar alumni Sanata Dharma ini terkait dengan rendahnya kemahiran berbahasa Inggris orang Indonesia. Lagi, ia menambahkan, “Belajar bahasa itu seperti belajar musik. Mudah tapi memerlukan banyak waktu dan latihan. Practice helps us to grow.”
Dengan gaya bicara yang menarik serta materi-materi yang aplikatif, guest lecturing tersebut berhasil mendapat tempat tersendiri di hati para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Bukan hanya menawarkan teori tapi juga contoh nyata yang benar-benar bisa dilakukan. Selepas guest lecturing, rombongan jurusan bersama Willy Renandya mengadakan diskusi mengenai kurikulum jurusan. Nantinya, acara sejenis juga akan diadakan kembali tanggal 31 Oktober sampai 2 November. 

Sumber : Humas FBS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar